Rabu, 14 Agustus 2013

KEBUN MAWAR DAN KEINDAHANNYA - SAMARANG, GARUT, JAWA BARAT

Diposting oleh Catatan Angin di 11.55
KEBUN MAWAR DAN KEINDAHANNYA

Samarang, Garut. Jawa Barat

Oleh : Royhanatul Fauziah

Hai.. Apa kabar..?? udah lama nih ga nge’blog..hehe
Jadi kangen nulis..
Hari ini aku mau nulis lagi ah,, tapi bukan nulis puisi seperti biasanya..hehe.. aku mau nulis sesuatu yang lain.. yaitu tentang tempat wisata di daerah aku, yaitu Garut, Jawa Barat.

Teman, kemarin aku udah liburan ke suatu tempat yang indaaaaaaaaaaah banget…
Apa?? Pantai???
Bukan, ini bukan pantai.. tapi sebuah taman atau kebun!!
Ya, kebun. Jangan heran. Ini bukan taman atau kebun biasa, tapi luar biasa banget.. berani sumpah!!

Tamannya berwarna hijau, ada dua danau yang diatasnya terdapat bunga teratai.. dan ada bunga mawar dimana-mana… ada mawar merah, mawar putih, mawar jingga, mawar orange, bahkan mawar berwarna pink juga ada… Ah,,, indah banget deh pokoknya!!! Kamu pasti sering liat kebun atau taman yang dipenuhi bunga2 kaya gtu Cuma di film-film india kan?????hehe

Aku kasih tau yaaa… Nama tempatnya KEBUN MAWAR. Ya, kebun mawar! Sesuai dengan namanya, tempatnya juga dipenuhi dengan mawar dimana-mana. Cocok buat pacaran, upss.. :P , buat prewedd, atau buat merenung, atau buat melepas lelah. Dijamin, matamu bakal dimanjain sama pemandangan hijau yang indah disana.. suasana alam yang sejuk dengan pegunungan serta  pemandangan beragam warna bunga mawar…  jiwamu akan tenang kala memandang danau yang tenang disertai teratai yang mengalun, dan hatimu akan bermekaran seiring dengan bermekarannya mawar-mawar disana.. Aiiih.. hehe

Ya, KEBUN MAWAR berada di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya sama dengan lokasi menuju Hotel Mulih ka Desa dan Sampireun, tetapi lebih jauh lagi dari kedua tempat tersebut, terus melaju, nanti kita akan sampai di KEBUN MAWAR yang lokasinya berada sebelum Objek Wisata Kawah Kamojang. Gampang kok nemuin tempat ini karena lokasinya ada di pinggir jalan. Dari jalan aja udah keliatan mawar-mawar, trus juga ada tulisan gede yang bertuliskan KEBUN MAWAR.

Ini Tulisan KEBUN MAWAR yang aku maksud, tulisannya gede kan? ada di pinggir jalan lagi, jadi temen2 ga akan susah nyarinya,, udah gtu ada mawar di depannya..
Ini Tulisan KEBUN MAWAR yang aku maksud, tulisannya gede kan? ada di pinggir jalan lagi, jadi temen2 ga akan susah nyarinya,, udah gtu ada mawar di depannya..



Pas kita memasuki gerbang KEBUN MAWAR, kita akan langsung menemukan area parkir yang cukup luas. Dan terus berjalan ke depan ada sebuah loket buat kamu membeli tiket menuju kebun mawar… tiket masuknya Cuma Rp. 15.000 aja. Murah kan?? Di dalam ada tempat untuk makan dengan berbagai pilihan variasi makanan. Kalo mau makan, cukup makan di tempat aja, jangan dibawa kemana-mana!

ini aku lagi duduk di depan tempat beli tiket...
baca tuh tulisan di  dinding..

 Inget ya!! Jangan dibawa kemana-mana! Karena kalo mau maen ke kebun mawar ga boleh bawa makanan!!!!!!! Inget tuh!!! Alesannya, mungkin karena untuk menjaga kebersihan.. secara, manusia jaman sekarang ga bisa bersahabat sama alam..
ga boleh metik mawar juga looooh!!!

 ini juga sama... tempat duduk diluar buat beli tiket..

Oiya, tarif diatas Cuma buat maen2 aja, atau liat-liat bunga mawar, atu buat duduk di kursi taman.. TAPI, buat kalo buat nginep, beda lagi.. nih, aku kasih tau..

Disana ada 3 jenis cotage, yang pertama namanya Geranium, Geranium ini terletak di dekat taman bunga, harga untuk pondok geranium kalo weekdays yaitu Rp.650.000 kalo weekend Rp. 1.040.000,
pondok yang kedua namanya Damasena, kalau Damasena terletak di dekat hamparan pembibitan bunga. harga untuk pondok damasena yaitu weekday Rp. 700.000, kalo weekend Rp. 1.120.000.
Yang ketiga ini nih yang paling mahal, namanya Magnolia, wajar mahal karena Magnolia ini terletak persis di tengah kebun mawar..suasana sejuk dan pemandangannya ga akan tergantikan. harga untuk pondok magnolia weekdays Rp. 1.850.000, kalo weekend Rp. 2.960.000.

Lumayan kan harganya….??? Lumayan mahal maksudnya... hehe
Tapi harga segitu imbanglah, buat keindahan dan kenyamanan yang akan kita dapet disana…
Nah, setelah kita bayar ke loket, kita langsung aja menuju pintu Kebun Mawar, pintunya berwarna hijau, lucu banget.. bukalah pintu berwarna hijau itu, dan… TADAAAAAAAA…..

 Lihatlah, bunga mawar dimana-mana…. Berwarna warni… dan rumput hijau menghampar luas…


nah,, lihat  pintu warna hijau di belakang aku.. itu pintu masuk..
nah,, lihat  pintu warna hijau di belakang aku.. itu pintu masuk..
tangga dari pintu masuk.. enakeun bangeutttt

 ini jalan setapak kecil,   tapi di tulisan aku diatas ga aku ceritain..   kalo mau kesitu dari pintu hijau tadi belok kiri aja..
 ini jalan setapak kecil,
tapi  ga aku ceritain..
kalo mau kesitu dari pintu hijau tadi belok kiri aja..

Lokasi tanaman yang ada di KEBUN MAWAR dirancang dalam bentuk pulau-pulau sehingga menghasilkan ruang-ruang diantara pulau-pulau tersebut dalam skala manusia. pulau-pulau tersebut akan membentuk zona-zona jenis tanaman tertentu, antara lain zona mawar, zona azalea, zona begonia, zona cana zona tanaman air dan zona tanaman-tanaman lainnya. Zona tanaman mawar Damacena yang baunya sangat wangi menempati lahan yang terbesar dibanding zona bunga-bunga lainnya sehingga terjadilah hamparan bunga mawar. 

Baru di pintu depan masuk aja udah pengen foto-foto, abis ga kuat sih lihat keindahannya!!!
Teruslah berjalan, tengok sebelah krimu! kamu akan melihat air mancur yang sangat indah….

haii... aku lagi berdiri menuju air mancur..
AIR MANCURNYA CANTIK
air mancurnya manis ih..






brrrr... airnya dingin...
Cukup deh dengan air mancurnya, kamu terus jalan lagi ya, kamu akan melihat sebuah lintasan utama yang dipenuhi dengan warna hijau terang… lintasan itu memanjang menuju bukit dan berakhir di sebuah tepi yang berpemandangan indah ke arah Garut Kota dan Gunung Cikuray.
Menuju bukit di kebun mawar
jalan lintasan pertama.. panjang yah?? semakin kesana, semakin menuju bukit, dan sampailah di tepian yang mengarah ke pemandangan GARUT KOTA
   
ini masih jalan lintas menuju bukit
Kamu bisa duduk-duduk disana, mau duduk di kursi taman boleh, atau berselonjoran di rumput hijau juga boleh… bahkan tiduranpun boleh banget, jangan takut kotor, kan alasnya rumput hijau!  indah banget deh pokoknya, tiduran beralaskan rumput hijau, sambil melihat ke langit luas yang biru… ahhhhh, jadi pengen kesana lagi!!!!
   
 kalau ini aku lagi berdiri di samping lampu taman.. lampu taman ga aku ceritain ya tadi... hehe , lupa..  padahal aku suka lampu taman..karena bentuknya bulat seperti bulan :)
 kalau ini aku lagi berdiri di samping lampu taman..
Nah, itu baru lintasan yang pertama..
Ada lagi nih Jalur lintasan ke dua,dari pintu gerbang kamu tinggal belok kanan aja…. Ini nih tempat yang indaaaah banget dan cocok buat yang mau prewedd.. atau foto-foto. Tempat di india kalah deh!
Kamu bakal nemuin sebuah.... apa yah namanya..?? aku sulit mengungkapkannya… yaah, semacam trowongan gtu, tapi bukan terowongan juga namanya… pokonya pas kita memasukinya, bunga mawar yang berwarna pink itu bakalan ada di sisi kanan-kirimu, dari bawah hingga atas juga ada daun teratai hijau yang membentuk huruf U terbalik.. sehingga kita merasa teduh dibawahnya… indah deh pokoknya, susah diungkapkan dengan kata-kata. Hehe.. Aku juga sempat foto2 disana, sambil berselonjoran di rumput hijaunya..
 aku lagi berdiri di depan bunga.. menuju ke terowongan U terbalik .
   
 ini dia terowongan yang berbentuk huruf U terbalik... sebenarnya ini bukan terowongan, cuman aku bingung aja harus namain tempat ini apa.. yaudah aku kasih nama terowongan U terbalik.. :D
 ini dia terowongan yang berbentuk huruf U terbalik... sebenarnya ini bukan terowongan, cuman aku bingung aja harus namain tempat ini apa.. yaudah aku kasih nama terowongan U terbalik.. :D
Indah kan?
indah ya???!! pengen bawa pulang!!
aiiih... indahnya!!


 ini jugaa..

BUNGA MAWAR BERWARNA PINK ADA DI KANAN KIRI :)
ini, terowongan U kebalik
lagi2 di foto di U kebalik.. heu

 tuh lihat,,,,   ada bunga mawar berwarna pink kan????
 tuh lihat,,,,
ada bunga mawar berwarna pink kan????
  
Di samping kanan-kiri terowongan berbentuk U terbalik itu ada bunga mawar berjajaran, itulah mawar yang berwarna-warni… ada merah, orange, ungu, dll.. rasanya aku pngen metik mawar yang berwarna merah itu..tapi gak boleh .. tapi aku puas karena pernah difoto di semua warna bunga mawar itu.. heu..

 ini iseng aja.. :P

Aiiiih... Cantiknya!
ini mawar merah yg pngen banget aku petik :(
bunga mawar warna orange... di deket danau
mawaaaaaaaaaaaarr

kalo ini ada di pinggir danau.. ini mawar warna orange sbenernya.. tp krn kameranya jelek jd ga keliatan!
iiihh.. mawar merahnya cantik!!

mawar merah di kebun mawar
hmmmm.. wangi.... heu

ssst... metik ah.. hehe :P
         
Kalo lurus terus, kamu bakal nemuin hamparan rumput yang hijau lagi…. Ada bunga mawar putih, pink, dll di tengah-tengahnya.. ini juga susah diungkapin nih…hehe
Nah, dari sana….
 ini mawar putih yang ada di tengah2 kebun..








ini juga di tengah kebun letaknya
Mawar dimana-mana
mawar putih :)

Ayoo kebun mawar dong!!
mawarnya warna pink!! heuu


ini di tengah2 kebun..
Belok kiri sedikit, kamu bakal melihat kursi taman yang menghadap ke danau kecil yang tenang yang diatasnya terdapat teratai.. sejuk banget.. tempat itu cocok buat merenung, atau menulis puisi..hehe..
ini danau yang pertama aku ceritain.... tenang kan danaunya??  cocok buat merenung atau menulis puisi..
 ini danau yang pertama aku ceritain.... tenang kan danaunya??
cocok buat merenung atau menulis puisi..
 ini juga kursi taman yang menghadap ke danau pertama..

inilah danau!!!! ada teratai.... enak buat merenung, istilah sundanya mah NIIS.. hehe
inilah danau!!!! ada teratai.... enak buat merenung, istilah sundanya mah NIIS.. hehe
mawar kuning..... heuu
   
PEREMPUAN LAGI NGELAMUN DI DANAU
kalo ini perempuan lg merenung

Mau diterusin???

Ok, deh!!

Setelah dari sana, mungkin kamu bakal capek, dan pengen berteduh.. berteduhlah di sebuah tempat berteduh kecil, disana ada kursi buat duduk2.. kamu tinggal jalan sedikit.. di depannya ada pohon cemara yang berwarna hijau lumut.. lucu, indah deh..
 
tempat berteduh
CEMARA!!! Dibelakangnya ada tempat berteduh kan???

Masih penasaran dengan tempat lain di sekitarnya??? Kalo penasaran, berjalanlah lagi ke sebelah kiri… disana ada bunga mawar yang berwarna jingga… indaaah banget.


ini mawar jingga..
 

Kalo mau terus jalan, kamu ga akan nemuin apa-apa lagi, selain rumput hijau yang masih terlihat tanah kecoklatan disana sini..  baik lagi aja..

Apa?? Mau terus jalan lagi??? 

Yaudah, kalo maunya gtu, jalan aja, dan kamu bakal langsung bertemu dengan bukit yang pertama aku certain tadi. Yaitu bukit yang berpemandangan ke arah garut kota. 

Ok deh, aku certain lagi keindahan KEBUN MAWAR yang lainnya. Kita balik lagi ke pintu utama. Kalo tadi kan kita belok kanan, yang menuju terowongan berbentuk U terblik itu… Nah, sekarang kamu jangan belok, tapi lurus aja… disana ada tempat berteduh lagi, tapi ga berbentuk U terbalik, melainkan agak persegi, ada daun-daun juga yang berteratai diatasnya.. ada kursi taman yang panjang yang saling berhadapan tapi berjauhan..


ini nih, tempat berteduh yang berbentuk persegi, yang ada daun berteratai.. yang ada dua kursi panjang saling berhadapan, tapi berjauhan.. (kursi panjang satu lagi ada di depan aku, ga kefoto)
 ini nih, tempat berteduh yang berbentuk persegi, yang ada daun berteratai.. yang ada dua kursi panjang saling berhadapan, tapi berjauhan.. (kursi panjang satu lagi ada di depan aku, ga kefoto)
  
Dari sana kita belok kiri ya…. Maka kamu akan menemukan danau yang kedua!!! Danau ini ga kalah indahnya dari danau yang pertama.. ada teratai juga disana.. dan tumbuhan hijau tumbuh di sekelilingnya… aku juga sempat berfoto disana, diatas bamboo, mirip perahu2an,
   

danau kedua...  lihat teratainya!!! cantik ya!!! aku lagi duduk di atas bambu..

dan teruslah berjalan melewati jalan setapaknya… kalau capek, duduklah di kursi taman, dengan satu meja dan kua kursi yang saling berhadapan.. kursi itu berwarna putih bersih.

ini dia kursi bercat putih bersih, menghadap danau ke dua..

sama ini juga di kursi bercat putih bersih

  
Ah, capek juga… laper??? Makanlah!! Disana ada tempat makan yang romantic, lesehan juga ada!!

Yaah, kok malah aku yang laper sih?? Hehe… kalo gtu udah dulu yaaa tulisan aku hari ininya…

Semoga tulisan aku ngebuat kamu kamu semua yang baca tertarik untuk mengunjungi KEBUN MAWAR yang keindahannya ga ada tandingannya!!

Eh, inget ya.. semua keindahan yang aku tulis diatas Cuma sekedar kata-kata yang tidak mewakili apapun. Keindahan sebenarnya akan kamu rasakan kalau kamu melihat langsung ke lokasi KEBUN MAWAR nya!

Yaudah deh, berhubung semua keindahan KEBUN MAWAR udah aku deskripsiin maka tulisanku kali ini  dicukupkan sekian!
Dadaaaaaaaaaaaaaaaah…!

 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Foto dan Gambar untuk KEBUN MAWAR. Samarang, Garut. Jawa Barat






ini sekedar postingan iseng, sekedar berbagi liburan aku :)
kalo pengen tau lebih lengkap,kunjungi web aslinya disini:  http://kebunmawar-situhapa.com/home%202.html :


artikel terkait:
http://www.hoteldigarut.net/2013/03/kebun-mawar-situ-hapa-samarang.html



7 komentar :

RAMA WIRYA mengatakan...

Wah luar biasa, ternyata di Samarang Garut juga ada kebun bunga. Kirain cuma di Lembang aja. Ini fotonya juga cukup banyak dan komunikatif sehingga dapat menjelaskan keadaan di lokasi Kebun Mawar. Seabreg... satu album lagi... salam. Kang Wirya; paguyuban-linggamas.blogspot.com

Catatan Angin mengatakan...

hehe, iya..aku jg belum lama taunya :)
tempat2 dlm foto belum seberapa jika dibandingkan dengan melihat langsung ke tempat aslinya..
sengaja penyampaian kata2nya dibuat sekomunikatif mngkin, agar lbh terkesan santai aja ketika dibaca, ga terlalu baku..
mksih atas kunjungannya ke blog saya.. lain kali saya mampir ke blog anda :)

Yans mengatakan...

Info yang berguna neng, sayang jaouh, jadi hany bisa lihat lewat blog aja... Trims udah share a nice info... salam blogger

apit subarkah mengatakan...

Wah, jdi pngen plang kmpung nih..

Senja kelana mengatakan...

(y)

Firman Juliansyah mengatakan...

Blognya keren banget euy. Garutnya juga keren... Buat pembaca yang perlu support untuk tour di Garut, boleh kontak kami Zigra Wisata di www.zigra.co.id atau 082154050790 pin 27F4916F. Haturnuhun

Aliani Fauziyah mengatakan...

makasiiih infonyaaa :)))))

Posting Komentar

 

CATATAN ANGIN Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review