Rabu, 20 April 2016

Aku Ingin Menulis Puisi [CURHAT]

Diposting oleh Catatan Angin di 09.21
Untuk seseorang yang memintaku berhenti berpuisi

Jangan memintaku untuk menjadi orang lain.

Aku suka puisi, dan tidak akan pernah berhenti menulis puisi.
Jika bukan puisi, lalu kau ingin aku menulis apa?
Aku bukan orang yang suka menulis hujan dengan cara yang biasa. Mungkin orang lain bisa menulis
"hujan nih, hujannya deras banget, alhamdulillah hujan, dll".
Tapi aku tidak mau, aku akan menulis bahwa "hujan adalah air mata yang jatuh ketika rindu", atau "memandang hujan seperti berkaca pd kenangan".
Aku juga bukan orang yang menuliskan sepi dengan cara yang biasa.
Orang2 bisa menulis
"sepi nih ga ada temen, sepi di rmh ga ada siapa2, sepi stlh ditinggal pacar, dll"
TIDAK, aku tidak akan pernah menulis yg seperti itu, aku akan menulis "kesepian yang ganjil, mungkin kau harus disini menggenapkan semuanya", atau seperti kata penyair WS. Rendra, "Sepi menjadi kaca".
Aku juga tdk bisa menulis tentang malam, insomnia, rumah, taman, embun, daun, laut, kopi, luka, cinta, bahagia, dll, dengan cara yang biasa.
Aku bukan orang yang menulis segala sesuatu dengan kata yang akan mudah kau baca.
Maka biarkan aku menuliskan semuanya dengan caraku sendiri.
Jangan tentang aku.
Bukan aku tidak ingin ditentang.
Hanya saja, kau tidak mengerti apa itu puisi, apa itu sastra.
Hanya saja, kau tidak mengerti, bahwa setiap orang itu berbeda.
Aku tidak sendirian. Banyak yang sudah berumah tangga, banyak yang bahkan dia sudah tua, tapi masih menulis puisi.
Ketika seseorang menyebut tulisan2ku berlebihan, mungkin dia belum pernah membaca tulisan2 penulis perempuan seperti Langit Amaravati, Ratna Ayu Budhiarti, Leila. S. Chudori, Djenar Maesa, Dewi Lestari, dll..
Atau tulisan2 para penyair terkenal, sprti, Bpk. Sapardi Djoko Damono, W.S Rendra, Sutardji, Acep Zamzam, Edwar Maulana, Gus Mus, Agus Noor, dll.
Aku bukan penyair/penulis terkenal seperti mereka. Tapi, bacalah karya mereka, sebelum melarangku menulis puisi.
Bisa jadi, kau akan jatuh cinta pada salah satu karyanya.

0 komentar :

Posting Komentar

 

CATATAN ANGIN Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review